Perempuan Punya Cerita

Perempuan Punya Cerita

Judul : Perempuan Punya Cerita
Sutradara : Nia Dinata, Upi Avianto, Lasja F. Susatyo, dan Fatimah T. Rony
Pemain : Rieke Diah Pitaloka, Rachel Maryam, Shanty, Sarah Sechan, Kirana Larasati, Susan Bachtiar, Fauzi Baadilah, Tarzan, Ratna Riantiarno dsb.
Produksi : Kalyana Shira Films

mungkin ini film yang udah cukup lama, tapi jujur saya baru nonton beberapa minggu yang lalu. cerita yang terdapat di film ini menurut saya memang terjadi di dalam kehidupan wanita Indonesia, semoga aja dengan adanya film ini, orang-orang indonesia pada umumnya dan para penonton pada khusus nya, dapat lebih menghargai mahluk tuhan yang bernama wanita ini.

film ini berisi 4 cerita pendek yang terdiri dari cerita Pulau, cerita Jogja, cerita Cibinong, dan cerita Jakarta.

film ini dimulai dengan cerita Pulau, mengisahkan tentang seorang bidan bernama sumantri(Rieke Diah Pitaloka) yang merupakan satu-satunya bidan disebuah pulau kecil. Sumantri ini selalu mendahulukan pasiennya dan mengenyampingkan kesehatan dirinya(disini sumantri juga diceritakan mengidap penyakit kanker payudara). serta menjaga Wulan(rachel maryam),seorang gadis cacat mental yang hamil karena diperkosa. disini Sumantri terpaksa harus mengugurkan kandungan Wulan, karena kondisi wulan yang tidak memungkinkan dia untuk hamil dan merawat seorang anak.

Cerita kedua adalah cerita Jogja, menceritakan kehidupan remaja SMA di Jogja yang sudah terjerumus seks bebas, dan bereksperimen dengan seks tanpa pengetahuan yang cukup. Sehingga ada satu kejadian tentang salah satu remaja perempuan yang hamil tetapi dia tidak mengetahui siapa yang bertanggung jawab terhadap kehamilannya, karena sebelumnya dia melakukan seks dengan 4 orang pemuda dengan cra digilir. Disini juga dikisahkan tentang Safina(Kirana Larasati), salah satu remaja yang mencoba mempertahankan keperawanannya. Tetapi akhirnya tergoda juga untuk melakukannya setelah seorang pemuda bernama Jay anwar(Fauzi Baadilah). Jay anwar ini mengaku seorang mahasiswa dari Jakarta yang sedang berlibur ke Jogja, yang sebenarnya dia adalah wartawan yang sedang meliput mengenai seks bebas di kalangan remaja Jogja. Setelah bahan berita yang dia cari sudah terkumpul maka dia harus kembali lagi ke Jakarta, dan meninggalkan Safina begitu saja.

Cerita ketiga dalah cerita Cibinong. menceritakan tentang kehidupan Esih(Shanty) yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di suatu klub dangdut, dia juga memiliki anak perempuanyang masih SMP bernama Maesaroh. kemalangan Esih dan maesaroh dimulai dengan kekasih Esih yan bernama Narto melakukan pelecehan seks terhadap Maesaroh. Setelah kejadian tersebut Esih dan Maesaroh kabur dari rumahnya dan menumpang dirumah seorang penyanyi dangdut lokal yang bernama Cicih(Sarah Sechan) yang dia kenal dari tempat kerjanya. ternyata kemalangan mereka tidak berhenti disitu saja, setelah si Cicih mengenalkan Maesaroh kepada teman lamanya yang mengaku sebagai agency artis dari Jakarta, yang ternyata adalah sindikat penjual wanita-wanita desa yang akan di pekerjakan sebagai wanita panggilan di Ibukota.

Cerita keempat dan yang terakhir adalah cerita Jakarta. Cerita mengenai seorang wanita bernama Laksmi(Susan Bachtiar) yang mengidap HIV/AIDS karena tertular dari almarhum suaminya. Dari hasil perkawinan mereka, mereka memiliki seorang anak perempuan bernama Belinda yang juga mengidap HIV/AIDS yang menurun dari orang tuanya, Kemalangan dialami Laksmi dan anaknya setelah suaminya yang telah meninggal ternyata masih memiliki hutang yang besar. yang akhirnya harus mereka bayar dengan kehilangan mobil satu-satunya milik mereka. kemalangan berlanjut ketika orang tua almarhum suaminya menuntut hak asuh Belinda serta mengambil rumah milik mereka. Kejadian tersebut membuat Laksmi berusaha kabur membawa serta Belinda bersamanya. tetapi pada masa pelariannya tersebut, meraka kehabisan uang dan Laksmi juga tidak dapat pekerjaan untuk memenuhi kehidupan mereka berdua. dan juga keadaan nya yang semakin memburuk karena penyakitnya tersbut, akhirnya Laksmi dengan berat hati harus menyerahkan Belinda ke mertuanya.

Advertisements

1 Comment

Filed under Film

One response to “Perempuan Punya Cerita

  1. helenamayawardhani

    kok sepertinya sedih semua y ceritanya jon?,
    btw,pinjam jon filmnya..
    hehehehehe..

    iya emang film ini nyeritain sisi lain dari kehidupan wanita indonesia len…
    gw ga ada dvd-nya len, ada nya soft copy..kalo mau silakan aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s