November di Yogyakarta

sekitar bulan november tahun 2008(mungkin udah agak telat untuk di ceritain) setelah suatu kejadian yang bernama UTS. akhirnya gw ada waktu kosong sekitar 4 hari-an sebelum kesibukan kuliah-menguliahi dimulai lagi, gw memutuskan untuk pergi ke tempat yang baru dan beda dari kehidupan gw yang biasanya. tempat itu yang pasti bukan bandung atau jakarta, karena Bandung adalah tempat gw berdomisili sekarang dan Jakarta adalah tempat gw dilahirkan dan dibesarkan sampai berumur 18 tahun.

akhirnya gw memutuskan untuk traveling ke jogja, kebetulan gw punya temen dari sma yang kuliah dikota itu, jadi biaya penginapan dijamin gratis..tis..tisss… cihuyy…
jadi yang tersisa di pikiran cuma biaya makan dan transport.

untuk masalah transport dari bandung ke jogja gw memutuskan untuk mencoba naek kereta kelas ekonomi.
berangkat 5 november malem dari Stasiun Kiara Condong.

emang bener transportasi di Indonesia itu parah nya minta ampun. mulai dari stasiun tempat gw naek kereta yang letak nya di bawah jalan layang dan jalan masuk ke stasiun yang gak dilengkapi dengan lampu jalan(apa mati lampunya gw juga ga merhatiin sih).
untuk keretanya, sesuai dengan nama kelas nya yaitu ekonomi, ternyata emang bener-bener ekonomis banget nih kereta. mulai dari harga tiket nya yang murah menurut gw, tempat duduk nya yang udah kayak angkot(dengkul penumpang harus pada nempel), sampe biaya perawatan keretanya yang ekonomis sampe-sampe kayaknya jarang banget tuh kereta di bersihin.
tapi jangan salah dari kereta ekonomi ada yang lebih lengkap daripada kelas bisnis dan eksekutif, yaitu jajanannya, mulai dari minuman sampai pecel juga ada. kenapa??soalnya emang pedagang asongan bisa bebas masuk kereta ekonomi ini, tapi ga di kereta bisnis atau eksekutif.

tanggal 6 november pagi jam 6.30 sampai di stasiun Lempuyangan Yogyakarta.
gw dijemput sama temen gw yang kosannya gw mau inep-in.
karena masih jetlag(haiyah..) sampai dikosan temen gw, gw langsung tidur sampe jam 2 siang.
sorenya abis bersih-bersih dan makan siang saatnya untuk jalan-jalan, tapi ternyata eh ternyata kondisi ga memungkinkan karena hujan udah dateng duluan.
akhirnya malem sehabis ujan reda gw bisa jalan-jalan, tapi disini cuma muter-muter jogja pake motor doang sama temen gw sembari nyari makan malem.
dan akhirnya malem ini cuma di abisin buat makan malem di Nasi Langgi dan ketemu temen-temen sma gw yang kuliah di jogja.

7 november.
kejadiannya ga terlalu beda sama hari kemarennya, semua ini gara-gara ujan yang menghalangi gw buat jalan-jalan.
tapi sedikit beda karena ujannya yang disertai angin puting beliung.`
angin puting beliungnya sih ga gede-gede amat, yah cuma nge-buat tiang-tiang listrik pada copot aja. alhasil listrik sebagian jogja mati selama beberapa jam. hahaha..
angin ini juga membuat kosan salah satu temen sma gw(bukan yang gw inep-in) sedikit porak-poranda, cuma garasinya doang sih.
jadi nya sepanjang sore gw bantuin temen gw ini beres-beresin reruntuhan garasi kosannya.
malemnya setelah semua beres, kita ngopi-ngopi di tempat ngopi nya anak jogja.

jogja1

8 november.
emang bener-bener salah musim buat melakukan liburan. shit.
gw ga ngapa-ngapain seharian.
malemnya cuma pergi makan, sama nonton bareng MU vs Arsenal di sebuah kafe.

9 nobvember.
gw memutuskan untuk bangun pagi dan pergi wisata sebelum ujan muncul lagi(bisasanya ujannya siang sampe sore).
jam 10 atau jam 11 gw lupa, gw udah berangkat menuju Keraton Yogya. emang dasar nasib baek setelah nasib buruk menimpa.
di keraton lagi tampil tari-tarian khas jawa lengkap dengan pemusik gamelannya.

jogja3

jogja2

setelah dari keraton jogja, gw meneruskan perjalanan gw ke Museum Kereta.
museum kereta ini beda dengan museum kereta yang ada di TMII jakarta, disini kereta yang ada yaitu kereta kuda bukan kereta api atau listrik tapi kereta kuda milik keraton yang jumlahnya puluhan buah.
ada kereta khusus jenazah sultan, kereta kawinannya anak sultan, sampai setiap sultan(dari HB I sampai HB X) pun ada kereta nya masing-masing.

jogja4

jogja5

tempat ketiga dan terakhir yang gw kunjungin adalah Taman Sari yang konon dulunya adalah tempat mandinya permaisuri-permaisuri sultan jogja.
jadi ketika para dayang-dayang nya pada mandi, sultan ngeliatin dari atas sebuah tower.
dari situ sultan bisa memilih dayang-dayang mana yang sultan mau untuk menemaninya mandi.
enak bener kah tu kayaknya kehidupan sultan-sultan jogja dulu..haha
taman sari yang sekarang beda ga kayak gw terakhir dateng kesini pas jaman SD atau SMP, sekarang kolamnya udah ada air nya lagi dan bersih nya minta ampun.
cakep deh pokoknya.

jogja6

10 november.
hari ini saatnya gw balik lagi ke bandung.
tapi gw memilih untuk naek kereta malem yang berangkat jam 9.30, jadi masih ada aktu untuk jalan-jalan siangnya.
siang ini gw abisin di malioboro.
sekedar photo-photo dan nyari oleh-oleh(akhirnya cuma ke beli stiker doang).

jogja7

jogja8

sore gw beres-beres barang biar enak pas balik ntar malemnya.
gw berangkat jam 8.30 dari kosan temen gw. dan di tengah jalan tanpa basa-basi turun lagi.
akhirnya gw berteduh sambil makan malem di angkringan(nasi kucing).
gara-gara keenakan minum susu jahe di angkringan gw nyaris ketinggalan kereta.

3 Comments

Filed under Traveling

3 responses to “November di Yogyakarta

  1. Di jogja pasti enak ya? Kotanya pelajar. Pengen ke jogja, tapi ga punya modal. He,,,,

  2. lah..
    gw juga pake modal nekat sama duit bulanan saya aja kok..
    yah abis2nya cuma 200-300rb doang kok selama gw disana..

  3. eh nama gw disebut dong..ahahahhaa

    *eh cerita lo diajak ulang taun gak ada jon..??
    ahahahahah

    ohh maap mas jodi..
    kelupaan euy masukin orang yang ngasih akomodasi gw selama di jogja..

    yang ngasih akomodasi gw yah si bocahpinggiran ini,
    yang bernama asli Setiawan Widhiyatmoko a.k.a Zhoddy,,
    anak FH-UGM 2005,,
    bekas anak sma 70 & sma 90..hehe

    dah gw promosiin tuh jod,,jangan protes lagi..hehe

Leave a Reply

