Sate Kuda Gondolayu

sate kuda gondolayu

baca tulisan difoto dari kanan ke kiri..

setelah melakukan penelaahan/observasi/pembacaan ulang dari postingan gw yang ber-title “November di Yogyakarta”,,
ternyata..eh..ternyata masih ada yang kurang dari cerita tersebut..
dan bagian cerita yang kurang itu menurut gw adalah yang paling penting..

Sebagai salah satu pecinta kuliner, gw melakukan ke-khilaf-an yang sangat besar,,
karena ga memasukan sebuah cerita kuliner jogja yang unik di telinga dan di lidah yaitu “Sate Kuda”..

mungkin emang di “November di Yogyakarta” udah sedikit di sindir masalah angkringan(nasi kucing) dan nasi langgi,,
tapi kedua jenis nasi itu gak semenarik dan seunik dibanding kuliner yang satu ini “sate kuda”..

rasa penasaran gw akan sate kuda berawal dari kunjungan gw ke jogja tahun 2006..
tapi sayang saat itu gw belom sempet nyicip kuliner satu ini..

setelah 2 tahun menunggu..
dasss..akhirnya taun 2008 ada kesempatan buat mengunjungi jogja lagi,,
saat itu langsung gw agenda-kan untuk berburu sate kuda adalah salah satu tujuan utama gw di jogja..

agenda utama ini gw realisasi-kan setelah mengunjungi keraton jogja, dkk..
dengan suasana sore joja yang dingin karena ujan turun dengan derasnya,,
saat itu adalah waktu yang tepat untuk icip-icip sate kuda..

tampilan sate kuda siap santap..

tampilan sate kuda siap santap..

tempat makan kuda yang gw pilih berjudul “warung sate kuda gondolayu”..
dengan bermodal Rp.8000 gw udah dapet nasi+sate kuda(5 tusuk)..

weits… jangan protes soal harganya yang mahal..
jangankan dagingnya, susunya aja mahal bener,,
wajar-lah kalo kuda mahal, soalnya kuda ga sebanyak sapi ato ayam..

dari pengamatan gw selama pengolahan sate kuda ini,
pertama-tama sate direndem dulu ke kuah yang mirip kecap selama 5-10 menit..
jadi di awal-awal gw kira bakal sama kayak sate kambing..
taunya perkiraan gw itu salah..

waktu sate udah mateng dan siap disantap,
bumbunya gw ga tau apaan tadi yang dipake buat rendeman, tapi yang pasti bukan kecap..
soalnya bumbunya yang meresap di daging kudanya tuh gurih bener..kalo kata om bondan mah “maknyusss”..

untuk tekstur daging kuda mirip sama daging kambing, karena sedikit alot dan serat daging nya kasar-kasar..
tapi untuk rasa lebih mrip ke daging sapi, karena ga amis kayak daging kambing..
tapi yang pasti abis makan sate kuda, badan jadi panas kayak kalo abis makan sate kambing..

dan satu lagi yang paling penting bagi para pria…
daging kuda katanya juga untuk penambah stamina,,
stamina buat apakah itu??tebak sendiri..

demikian review kuliner pertama gw..
gw akan kembali dengan kuliner-kuliner lainnya..
Salam “MakNyusssss”

9 Comments

Filed under Kuliner

9 responses to “Sate Kuda Gondolayu

  1. enak kan sate kuda…
    ada lagi di sini tongseng bulus..
    tongseng cobra.
    gulai bajing…

    emang ada ya??
    jadi pengen gw wisata kuliner lagi ke jogja..

  2. jadi ngiler nih! Cz udah jam 4 sore belum makan siang! Perut udah keroncongan

  3. jd gmn? mau ke surabaya ato joglosemar?

    ga tau nih ben,,
    entar gw konfirmasi lagi lah..

  4. Anuu… Errr… itu… ehmm….
    Jon… mempan buat cewek juga gak?
    Yang…
    penambah ‘stamina’ itu….

    Err…
    Ih malu ih saia….
    😀

    hahaha..parah..

    setau gw buat cowok doang deh rik ngaruhnya..
    tapi kan hormon cowok lo lbh banyak dari hormon cewek, jadi kayak nya bisa deh..
    hehe..

  5. Oh ya, udah pernah ke Bali ga Bro?
    Di Bali tepatnya di Klungkung ada Lawar Kuwir dan Sate Kuwir,,,
    Mak Nyusssss

    kalo ke Bali nya sih udah beberapa kali..
    tapi belom pernah nyobain lawar kuwir nya..
    emang terkenal banget tuh makanannya, banyak yang udah ngomong..

    entarlah,,
    mudah-mudahan ada rejeki lagi buat ke Bali..
    sekalian wisata kuliner nya Bali..

  6. bocahpinggiran

    kalo buat cewe bisa2 aja kok.. gw pernah nanya sama mbak yg jual..

  7. kasian kudanya di sate..:-<

    yang penting kenyang yud..hehe

  8. gimana rasanya tuh. jadi gak tega makannya

  9. sate gagak bang satu, enak banget

Leave a Reply

