Passer Baroe

Passer Baroe

Passer Baroe

liburan di Jakarta kemaren gw sempet berkunjung ke salah satu pasar tua yang ada di Jakarta Pusat, yaitu Passer Baroe (Pasar Baru).

sebenernya kunjungan gw ke Pasar Baru ini bukan sengaja meliput untuk buat postingan ini, tapi emang kebetulan aja gw lagi nyari tripod kamera disana.

Pasar Baru sendiri adalah salah satu pusat belanja di Jakarta yang udah ada sejak jaman VOC dan dikenal dengan sebutan Passer Baroe, dari jaman itu Pasar Baru udah terkenal sebagai tempat menjual & membuat sepatu.

gerbang Passer Baroe

gerbang Passer Baroe

tapi dengan perkembangan jaman, Pasar Baru ini tak hanya menjadi pusat penjualan sepatu saja tapi juga penjualan tekstil dan pembuatan pakaian, beberapa toko yang terkenal adalah Hariom dan Isardas, yang juga menjadi langganan para pejabat.

di sepanjang jalan Pasar Baru ini banyak money-changer kaki lima, selain berfungsi sebagai money-changer juga menjual koleksi mata uang tua dari berbagai negara.

Suwardi Dollar, salah satu money changer kaki lima di Pasar Baru

salah satu money changer kaki lima di Pasar Baru milik Pak Suwardi

uang-uang lama yang dijual di money-changer kaki lima

uang-uang lama yang dijual di money-changer kaki lima

di ujung jalan Pasar Baru ini ada sebuah gedung yang bernama Atom yang menjadi pusat jual-beli kamera(baru & bekas) salah satu toko yang sudah cukup terkenal di kalangan hobi foto di Jakarta yaitu AnekaPhoto, dan di gedung itu juga menjadi tempat penjualan alat-alat salon dan pakaian-pakaian second.

dan tak lupa yang terkenal dari Pasar Baru ini dari jaman dulu adalah pusat penjualan sepatu nya, toko sepatu di Pasar Baru ini cukup banyak, tapi yang sudah lama, terkenal, dan memproduksi sepatu nya sendiri adalah toko Sin Lie Seng. di toko ini sepatu-sepatu yang dijual adalah produksi sendiri dan rata-rata adalah sepatu kulit, jadi mereka tidak menjual sepatu merek lain. tapi walaupun gitu kualitas nya tidak kalah dengan merek sepatu kulit import yang sudah terkenal. kenapa gw bisa bilang kayak gitu?? ya karena emang gw pernah beli sepatu disana..hehe..

keramaian di Pasar Baru

keramaian di Pasar Baru

di kawasan Pasar Baru ini juga ada tempat-tempat kuliner yang oke untuk dicoba, salah satu nya adalah Bakmi Gang kelinci, yang bakal gw tulisin review nya di postingan gw selanjutnya.

10 Comments

Filed under Traveling

10 responses to “Passer Baroe

  1. gw suka ke sana, nemenin ortu belanja.

    n_n

  2. gw pernah kesini nich,,yg dekat gambir itu kan??

  3. Setelah beberapa waktu ku menatap lukisan warna warni blogmu
    Ternyata ..jawaban itu adadi Konten mu šŸ™‚

  4. blom pernah kesana gw,,,,

    slm kenal,,,

    salam kenal juga

  5. Memang ngga’ berubah dari dulu…
    Sewaktu kuliah saya sering main kesana tuk cari obat kuat…hehehe..

    wakaka..
    di sebelah mana nya sih yang jual obat kuat, kok gw ga tau ya..

  6. Karna udah tua, harusnya namanya diganti “Bukan Pasar Baru”
    *lha kok kaya tukul malahan*

  7. mas hobi moto juga ya,… ada yang mo jual kamera murah ga?

    lagi belajar moto sih mas lebih tepatnya..
    belom ada yang mau jual kamera mas, kalo jual lensa canon ada nih..mau?

  8. Gober

    Ada yang tau no HP salah satu penjual uang kuno di pasar baru? Pengen beli uang kuno lagi, kalau bisa penjual uang kunonya yang pas deket gerbang Passer Baroe coz gw pernah beli dari bapak itu, lumayan murah..

    wah..saya ga sampe nanya no hp nya tuh..
    mending coba aja langsung kesana..

  9. deddyfardiaz

    Pasar Baroe…hmmm… šŸ™‚ aku punya cerita yang indah untuk dikenang, sebagai sebuah kenangan manis…
    Gara-gara mau ke Pasar Baroe, aku ketemu dengan belahan jiwaku… šŸ™‚

    mantap bro..
    “God works in mysterious ways” yah bro.. šŸ˜€

  10. laila

    Klo tekstil ada ga??

    bukan ada lagi, tapi banyak banget..

Leave a Reply

