Ujung Genteng

ujunggenteng1

ujung genteng dikala mendung

Ujung genteng adalah salah satu daerah pantai yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya ada di daerah kabupaten Sukabumi. Pantai disini masih cukup alami karena wisata di daerah ini masih relatif sepi, dan memang akses transportasi angkutan umum ke daerah ini masih minim.

Di bulan februari kemaren, gw akhirnya punya waktu untuk traveling ke Ujung Genteng. Gw dan 2 orang teman menggunakan angkutan umum untuk pergi kesana. Perjalanan ke Ujung Genteng di mulai dari kosan kita yang ada di sekitaran kampus ITTelkom, berangkat jam 6 pagi dengan menumpang angkot menuju ke terminal Leuwi Panjang-Bandung.

ujunggenteng3

salah satu temen seperjalanan

Di Leuwi Panjang kita melanjutkan dengan bis jurusan sukabumi. Ada beberapa bis yang melayani trayek Bandung-Sukabumi, tapi disini kita milih pake bis MGI yang namanya sudah cukup bagus dan pelayanannya yang cukup baik. Ongkos bis MGI fullAC ke Sukabumi ini adalah Rp. 21.000/orang. Kita menumpang bus ini sampai terminal Degung-Sukabumi.

Sampai di terminal Degung-Sukabumi kita lanjutin perjalanan dengan menggunakan angkot ke terminal kecil yang juga masih berada di Sukabumi, yaitu terminal Lembursitu. Ongkos angkot tersebut sekitar Rp. 4000/orang.

Di terminal Lembursitu ini kita lalu melanjutkan dengan kendaraan yang menuju daerah Surade. Di terminal ini ada 2 kendaraan yang melayani trayek Lembursitu-Surade, yaitu MGI ekonomi dan mobil minibus yang biasa disebut orang sana dengan sebutan Elf. Ongkos ke Surade dengan MGI ekonomi adalah Rp. 18.000/orang, kalau dengan Elf adalah Rp. 25.000/orang. Ongkos MGI emang lebih murah tapi adanya Cuma di jam-jam tertentu. kalo Elf selalu ada yang jalan tiap jam sampai jam 4 sore.

Sampai di Surade kita lanjutin memakai angkot Surade-Ujung Genteng, ongkos angkot sekitar Rp. 7000/orang.

Sampai di Ujung Genteng kita langsung disambut dengan kapal-kapal nelayan dan pasar ikan. Di dekat pasar ikan tersebut ada daerah penginapan. Sebenarnya di Ujung Genteng ini kita bisa menginap di rumah penduduk sekitar, tapi biasanya oleh pemiliki rumah dikasih harga mahal, jadi kalo mau nginep di rumah penduduk harus pinter-pinter nawar. Kalo kita lebih memilih nginep di penginapan, ongkos penginapan-penginapan disana sekitaran Rp. 100.000/malam sampai Rp. 350.000/malam.

ujunggenteng4

kampung nelayan

ujunggenteng2

kapal parkir

Sebenarnya ada cukup banyak objek wisata di sekitaran Ujung Genteng, tapi sayang karena waktu gw kesana cuaca lagi jelek-jelek nya (hujan seharian) maka kami ga sempet kesana.

Objek wisata yang pertama adalah Teluk Penyu-Pangumbahan tempat penangkaran penyu yang biasanya dikunjungi pada malam hari, karena katanya penyu-penyu itu pulang dari laut waktu malam hari. Dari wilayah penginapan ke tempat penangkaran penyu itu berjarak kurang lebih 5 km. Untuk pergi kesana kita bisa naik ojek dengan ongkos Rp. 40.000 PP Ujung Genteng-Teluk Penyu atau juga bisa jalan kaki.

Objek yang kedua yaitu curug(air terjun) Cikaso, sebenernya curug ini bukan berada di daerah Ujung Genteng tapi udah masuk daerah Surade. Biasanya curug ini dikunjungi waktu pulang dari Ujung Genteng. Kelebihan dari curug ini adalah disini ada 3 curug yang berdekatan dan memiliki warna yang berbeda satu sama lain.

Advertisements

11 Comments

Filed under Traveling

11 responses to “Ujung Genteng

  1. wahh keren2……….
    bener2 kaya di pelm banyu biru yak…..

    ikut2 juga
    saatnye ngayal, rencana wacana, jalan, pulang… πŸ˜€

    emang keren bang,,
    ga nyesel deh kalo kesana..

  2. wah bagus kapan yah kesananya???
    lu baca naked traveler juga?

    baca jg dong bang..
    kan lo yang ngasih tau tuh buku pas kita ketemu di palasari..hehe
    lumayan jadi inspirasi buat traveling bang..

  3. Fietria

    Oleh-oleh dan jajanan khasnya ada nggak?

  4. ria

    cobain Karimun Jawa, Ki.. keren banget, low budget juga, tapi emang harus agak niat sih πŸ˜€

    gw juga udah ada rencana kesana,,tapi temen2 gw pada tai anjing semua,,batal mulu dah jadi nya..

  5. wow keren sekali pemandangan di ujung genteng sana. jadi kepingin jalan2 kesana deh .. hehehe πŸ˜€

  6. pantai2 yang ada di Indonesia ini memang punya pesona dan kharismatik yang tiada bisa dilupakan. thanks for sharing info2nya ya .. πŸ˜‰

  7. wearenoidea

    jooon… buka blog ini dong…
    tugas ir niih…
    sapa aja jg boleh..
    jgn lupa dikomentarin..
    apa aja.. bebas.. ga nyambung jg gpp..

    oh iya.. masukin blogroll lu doong.. πŸ˜€

  8. sial.. link yg di atas salah jon.. hahaha

  9. dyermaker

    Giatkan jalan2!!! πŸ˜€
    Temen perjalanannya siapa tuh? Cewek ye? kagak keliatan potonya.

  10. artikelnya bagus nih jadi informasi tuh backpacker kaya gw…trimz infonya…salam kenal…^_^

  11. bangga jadi orang indonesia, ini cuman satu dari sekian ribu pulau indah di indonesia…………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s