Hari Raya, Jumat, 6 april 2012

Jumat, 6 April 2012 kemaren adalah hari libur untuk menyambut hari raya paskah. Sebenernya sih ini hal yang biasa aja , tiap tahun juga dirayain.

Tapi di hari jumat tersebut secara kebetulan gw lewat Jalan Katedral, jalan yang misahin Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. hari itu  di Gereja Katedral ga kalah ramainya karena sedang diadakan ibadah menyambut Paskah dan di Masjid Istiqlal orang-orang muslim melakukan ibadah Sholat Jumat yang  juga merupakan hari raya mingguan bagi umat Muslim. parkir istiqlal yang luas itupun juga dipakai orang-orang yang mau beribadah di geraja Katedral.Ga ada tuh gw liat(walau cuma sepintas) penolakan dari umat muslim di Istiqlal.

Disitu gw bisa bilang kalo orang indonesia itu sangat-sangat toleran. men, hal yang kayak gini yang harusnya sering diberitain sama media di Indonesia, bukan berita-berita tentang konflik SARA mulu yang ditonjolin di sana

mungkin bener kurang toleransi antar umat masih ada di beberapa daerah yang sori kalo gw bisa bilang taraf hidup dan latar pendidikannya kurang. Mungkin di kota-kota besar kayak Jakarta yang memang penduduknya sudah plural dalam arti orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia numplek semua disini, karena ke-plural-an nya itulah kenapa rata-rata orang kota besar lebih bisa toleran.

tapi gw yakin sih, misal berita-berita tentang kerukunan beragama bisa lebih banyak porsinya dibanding berita sebaliknya, mindset orang-orang bisa terbentuk untuk menghormati sesama. dan gw sanagat optimis ada saatnya dimana Indonesia bisa kayak gitu suatu hari nanti.

JAYA INDONESIA..

Advertisements

Leave a comment

Filed under Opini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s