[Makassar] Wisata Kuliner Kolesterol Tinggi

Iga bakar dan es pisang ijo, siapa yang ga kenal dengan 2 makanan khas kota Makassar tersebut. Menyantap makanan tersebut di restoran-restoran yang ada di Jakarta aja udah nikmat banget, apalagi kalau bisa menikmati langsung di tanah asalnya. Makanya sejak pertama kali si  Traveling Cihuy mencetuskan untuk traveling ke Makassar, di otak gw cuma satu “Wisata Kuliner”.

Dari yang gw liat, Kuliner di Makassar didominasi oleh kuliner daging dan seafood dan gw tidak menemukan kuliner khas yang berbahan utama sayuran. Makanya kenapa judul postingan ini  adalah “Wisata Kuliner Kolesterol Tinggi. Berikut kuliner-kuliner khas makassar yang sempat gw coba kenikmatannya.

Kuliner pertama  iga bakar di restoran Konro karebosi di Jalan Gunung Lompobattang. Mungkin ini adalah kuliner paling tersohor dari Makassar dan di kota lain pun sudah banyak restoran yang menawarkan menu kuliner ini, jadi gw ga perlu jelasin panjang lebar tentang makanan ini. Restoran Karebosi sendiri memiliki cabang di Jakarta, tepatnya di daerah Kelapa Gading. Jadi untuk orang Jakarta ya ga perlu jauh-jauh ke Makassar kalau mau nyobain.

MakassarFood4

Yang kedua adalah pallu basa, disana gw nyobain di dua restoran berbeda Pallu Basa Samalona di Jalan Irian dan Pallu Basa Srigala di Jalan Srigala, kuliner berbahan dasar daging kerbau dengan kuah santan yang dicampur serbuk kelapa sangrai. Biar makin enak biasanya ditambah alas (telor ayam mentah) untuk yang suka. Warna kuah pallu basa yang kental coklat kehitaman+kuning kental dari telor mentah memang kurang menarik, tapi rasanya itu Makknyuuussss banget.

MakassarFood2

Coto Makassar di restoran Coto Nusantara di Jalan Nusantara, daging yang dipakai adalah daging sapi dan dikuah nya ada campuran tauco nya, biasanya temen untuk makan coto ini adalah ketupat atau juga buras. Tapi gw ga bisa kalau makan tanpa nasi jadi ya pilihan gw tetep nasi. Hehe.

MakassarFood3

Berikutnya adalah restoran Mie Titi di Pusat Kuliner Losari, masakan yang terdiri dari mie kering dan kuah kental berisi daging ayam, baso goreng, dan daun sawi. Mirip kuliner nya orang China yaitu ifumie atau juga mungkin memang si Bu Titi ini memang menyajikan ifumie tetapi dengan bumbu-bumbu ala Bu Titi sendiri, karena itu sekarang terkenalnya jadi Mie Titi saja (ga tau juga sih, cuma sekedar teori gw saja). Nah untuk orang-orang yang cacing perutnya punya kebiasaan berdemo di malam buta, mi titi ini cocok banget karena bukanya sampai jam 2 Pagi.

MakassarFood1

Untuk cemilan malam di pinggir pantai losari yang jadi pilihan utama adalah pisang epe. Ini hampir mirip sama pisang bakar yang biasa kita temuin, bahan dasarnya pun sama-sama pisang kepok. Jadipertamapisang kepoknya inidipanggang dan digepengin, setelah itu kita harus milih topping nya, untuk yang original itu cuma diberi kuah gula merah. Untuk yang lebih modern pastinya kita bisa pakai keju, susu, coklat atau kacang seperti pisang bakar kebanyakan.

MakassarFood5

Yang terakhir dan ga kalah terkenalnya yaitu es pisang ijo-nya Toko Bravo, yang katanya sih es pisang ijo ter-enak di kota Makassar. Disitu juga menjual jalangkote (pastel ala Makassar) yang dimakan dengan saos asam pedas mirip saos cakwe. 

MakassarFood6

Harga:
Iga Bakar Konro Karebosi : IDR 36.000
Pallu Basa Samalona : IDR 9.000
Pallu Basa Srigala : IDR 11.000
Coto Makassar, Nusantara : IDR 12.000, Ketupat: IDR 1.000
Pisang Epe : IDR 7.000 (original), IDR 9.000 (coklat keju)
Mie Titi : IDR 18.000
Es Pisang Ijo : IDR 15.000
Jalangkote: IDR 3.500

Advertisements

3 Comments

Filed under Kuliner, Wara-Wiri

3 responses to “[Makassar] Wisata Kuliner Kolesterol Tinggi

  1. jonskii…. ini liburannya pas lg nikahan gue yaaa huh huuuuhhh

    Ga kok Nad.. perjalanan ini jauh sebelum nikahan lo..
    Maaf ya ga dateng ke nikahan lo, karena ada satu dan lain hal yang harus diselesaikan pada hari itu..

  2. SALAM
    Informasinya Sangat Menarik dan menambah wawasan kami

    http://supplierfrozenfood.com/, 0821.3656.8222

  3. wah enak banget cock banget kalau jalan jalan trus makan disana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s