[Dieng] Ruwat Rambut Gembel

Dieng Festival - Ruwat

Kalo ngomongin rambut gimbal, otak gw langsung terbayang musik reggea, pantai dan pastinya cannabis sativa. Weiitss tapi ternyata di satu sudut daerah di tanah Jawa ada masyarakat yang berambut gimbal tapi musik mereka bukan reggea tapi gamelan, hidupnya pun bukan di pantai tapi di dataran tinggi, dan buat iseng-isengnya juga bukan cannabis sativa tapi keripik jamur  atau juga manisan carica.

Yang gw lagi omongin ini adalah Dataran Tinggi Dieng yang adanya di Jawa Tengah. Dan gw ga bohong kalau emang masyarakat disini ada  yang rambutnya yang gimbal macam orang Jamaica, dan kalau disana disebutnya bukan gimbal tapi gembel.  Mungkin di Jamaica rambut gimbal dipelihara sampe tua atau sampe tuh rambut panjang, tapi kalau di Dieng rambut gimbalnya itu harus dipotong, untuk lebih tau sejarah dan kenapa nih rambut gokil ala anak reggea ini harus dipotong lo bisa baca di website Pesona Dieng .

Untuk motong tuh rambut gimbal anak-anak Dieng juga ga sembarangan, karena  ada ritual yang harus dijalanin. Beberapa tahun kebelakang pemerintah kota Dieng membuat sebuah acara  tahunan dengan tajuk Dieng Culture Festival, dengan puncak acara ritual ruwat rambut gembel (potong rambut gimbal) yang dilakukan di pelataran Candi Arjuna.

Acara Dieng Culture Festival ini intinyas sih memperkenalkan pada masyarakat luas mengenai potensi wisata di dataran tinggi Dieng, dari telaga dua warna, candi-candi , dan tentunya kuliner khas Dieng.

Menurut pengamatan gw yang pernah menjadi peserta di acara Dieng Culture Festival, cara ini sangat berhasil karena banyak traveller, backpacker, pelancong atau apalah sebutan mereka baik dari Indonesia dan juga mancanegara yang hadir di acara tersebut. Selain itu acara ini juga menarik minat para hobbyist foto dan sekolah-sekolah dari kota sekitar mengadakan study tour.

Dieng Festival - Arak

nb: untuk info lebih lanjut mengenai Dieng Culture Festival bisa diakses di http://diengculturefestival.com

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Traveling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s