[Wonosobo] Mie Ongklok Longkrang

Wonosobo - Warung Mie Longkrang

Salah satu kuliner yang paling disukai orang Indonesia itu adalah mie. Mau itu mie rebus, mie goreng, mie becek, mie instan ataupun mie sangat instan yang bikinnya cuma diseduh air panas.

Apalagi mie itu adalah kuliner yang sangat fleksibel, bisa dimasak campur apa aja, bisa dimakan lagi bosen sama makanan sehari-hari, bisa dibeli pas lagi bokek atau lagi ada duit,dan cocok untuk segala cuaca (walaupun yang paling pas ya dimakan lagi cuaca dingin).

Di salah satu kota di Jawa Tengah yang beriklim dingin bernama Wonosobo juga punya kuliner mie khas yang disebut mie ongklok. Dan mie ongklok yang terkenal disana adalah mie ongklok longkrang, yang terdapat di Jalan Pasukan Ronggolawe no. 14 Wonosobo. Mie ongklok longkrang ini kata yang empunya sih sudah ada dari tahun 1975 dan sudah banyak dikunjungi oleh orang tenar dan selebriti Indonesia.

Menurut pendapat gw pribadi, mie ongklok ini sangat unik. Karena kuah mie ongklok ini teksturnya kental mirip sagu dan dicampur dengan bumbu kacang. Selain itu makanan pendampingnya juga cukup unik yaitu sate sapi dan tempe kemul (tempe mendoan). Dan untuk orang-orang yang suka pedas, disini tidak disediakan sambal tapi potongan cabe rawit.

Mie ongklok longkrang ini sudah bisa dinikmati dari jam 10 pagi dan sampai jam 7 malam. Jadi yang untuk traveler-traveler yang sedang bertandang ke daerah Wonosobo atau Dieng bisa sejenak menikmati kuliner ini.

Wonosobo -  Mie Longkrang

Advertisements

Leave a comment

Filed under Kuliner, Wara-Wiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s