[Yogyakarta] Gudeg Yu Djum

Yogyakarta - Yu Djum

Sebenernya ngebahas warung makan ini udah basi. Karena sudah banyak blog dan acara tv yang membahasnya. Memang sudah menjadi rahasia umum kalau warung makan ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Maka postingan gw kali ini akan sangat singkat, padat dan mudah-mudahan berisi.

Jadi Warung Gudeg Yu Djum ini cabang nya banyak banget, tapi yang asli itu letaknya berada di gang sempit belakang selokan mataram. Konon katanya ini adalah rumah asli si Yu Djum, makanya bentuk dan suasananya masih tradisional dan Jogja banget. Di pintu masuk kita sudah disuguhi musik keroncong dari sepasang pemusik tua. Di dalam warung makin terasa aura tradisionalnya, apalagi kalau menyambangi dapurnya yang masih menggunakan tungku kayu bakar.

Yogyakarta – Dapur Yu Djum

Jenis gudeg yang disajikan di Gudeg Yu Djum ini adalah gudeg kering. Apa bedanya sama gudeg basah? Ya bedanya yang satu areh (kuah yang dari santen) nya banyak,dan yang satu ga ada. Untuk rasanya ga perlu dijabarin lagi, karena Gudeg Yu Djum (menurut pengamatan gw) adalah gudeg paling terkenal di Yogyakarta, jadi dari situ sudah bisa ditebaklah rasanya.

Advertisements

Leave a comment

Filed under Kuliner, Wara-Wiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s