[Yogyakarta] Gua Pindul

Yogyakarta – Gua Pindul

Destinasi wisata alam ini adalah salah satu bukti nyata kehebatan penyebaran informasi di dunia internet. Sejak diliput oleh sebuah website anak muda berinisial MBDC yang juga punya channel travelling “Jalan-Jalan Men” di youtube, kepopuleran tempat wisata ini langsung naik pesat.

Gua pindul ini adalah salah satu dari destinasi wisata alam yang terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Kira-kira yah 1-1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta lah.

Sampai disana biasanya kendaraan kita bakal dikejar-kejar sama motor, yang ternyata mereka adalah pemandu jalan yang akan ngarahin kita ke operator-operator wisata yang ada disana. Tapi karena salah satu kawan seperjalanan gw udah tau nomor telepon salah satu operator, jadi mereka langsung mengirimkan orangnya untuk menjemput.

Apakah operator itu? Untuk nikmatin Gua Pindul, gw yakin sebagian besar orang malas untuknyiapin alat-alat(helm, protektor, dll) nya sendiri, terus masuk gua nya juga sendiri ga pake pemandu. nah operator inilah yang nyiapin segala macem nya itu, ya bisa dibilang kantor penyelenggara wisata lah.

Disini katanya ada beberapa opeator, salah satu nya itu Dewa Bejo yang kita percaya untuk memandu kita. Yang ternyata operator Dewa Bejo ini juga lah yang dipakai oleh “Jalan-Jalan Men”.

Disini kita ditawarkan beberapa paket wisata alam, yaitu River Tubing Sungai Oyo, Caving Gua Gelatik, Cave Tubing Gua Pindul, dan Off Road Kali Oyo. Dari keempat paket itu yang paling terkenal dan jadi paket andalan ya memang Cave Tubing Gua Pindul. Untuk biaya per paket wisata juga bisa dibilang tidak mahal, untuk Caving Gua Gelatik dan Cave Tubing Gua Pindul masing-masing cuma dipatok Rp. 30.000, River Tubing Sungai Oyo cuma Rp. 45.000, dan yang paling mahal adalah Off Road Kali Oyo yaitu Rp. 300.000 dan itu sangat wajar karena selain nyewa pemandu ya nyewa mobil off road nya juga kan.

Waktu itu gw dan temen-temen gw cuma ngambil 2 paket aja, yaitu River Tubing Sungai Oyo dan Cave Tubing Gua Pindul. River Tubing Sungai Oyo sendiri itu kita nelusurin Sungai Oyo dengan menggunakan Ban besar yang ditarik oleh pemandunya, menurut gw paket ini biasa aja. Tapi yang hebat adalah sang pemandu yang narikin ban kita, karena panjang rute sungai yang kita telusuri itu jauh nya 1,5 KM dan butuh waktu sekitar 1 jam, gila ga tuh narikin orang banyak selama 1 jam.Nah, yang paling pecah itu ya pas paket kedua yaitu Cave Tubing Gua Pindul, disini kita dibawa nelusurin sungai dibawah Gua Pindul dan ada disatu titik Gua itu yang atas nya bolong, jadi membuat cahaya yang masuk itu jadi pemandangan yang keren banget dan disitu juga ada spot untuk loncat dari batu karang setinggi 3 meter. Selain spot-spot tadi, kita bisa liat Sarang Kelelawar, juga banyak Stalagtit dan Stalagmit, malah ada salagtit yang masih aktif yang konon tetesan air nya bisa bikin muka para wanit jadi cantik dan buat cowok nya ada yang namanya stalagtit jantan yang bisa buat “strong”.

Yogyakarta – Gua Pindul Inside 2

Sekedar info, kalau mau datang ke wisata Gua Pindul lebih baik saat musim kemarau, karena air sungai akan lebih jernih berwarna hijau. Kalau kemaren gw dateng kesana pas abis malemnya hujan, jadi air sungai nya keruh karena tanah yang terbawa hujan. 

Yogyakarta – Gua Pindul Inside 1

Advertisements

Leave a comment

Filed under Traveling, Wara-Wiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s