Category Archives: Opini

Kesucian Sebuah Perayaan

Waisak 2013

Perayaan ritual keagamaan yang biasanya identik dengan suasana sakral dan penuh khidmat, kadang ternodai karena keunikan dari ritualnya itu sendiri. Keunikan tersebut dapat menarik banyak manusia baik yang merayakan atau hanya sekedar ingin menonton, dan pada akhirnya menodai kekhidmatan dari perayaan itu sendiri.

Waisak di Candi Borobudur adalah salah satu perayaan agama yang unik yang ada di Indonesia, salah satu ritual yang banyak menyedot pengunjung adalah pelepasan lampion. Keindahan dari 1000 lampion lebih yang terbang bersamaan di langit malam dengan latar belakang candi borobudur yang eksotis, merupakan pemandangan langka yang mungkin hanya dapat dinikmati pada perayaan Waisak saja.

Selama ini Waisak di Candi Borobudur diselenggarakan tertutup untuk para Bhuddis yang merayakan dan para undangan, tetapi beberapa tahun kebelakang perayaan tersebut dibuka untuk umum. Dan pada tahun 2013 ini pun gw jg datang untuk melihat perayaan tersebut.

Terbayang di otak gw, perayaan ini selain khidmat juga akan sangat eksotis dan indah. Tetapi semua bayangan itu hilang, karena ketika gw sampai, situasi disana sudah cukup chaos. Pintu masuk ke Candi ditutup aparat, dan para pengunjung bersorak-sorak agar pintu dibuka. Bila digambarkan hal ini seperti rusuhnya pintu masuk GBK bila Tim Indonesia sedang bertanding.

Sekitar jam 8 malam pihak penyelenggara membuka pintu untuk pengunjung umum, dan situasi chaos pun berlanjut di dalam komplek candi.  Saat itu perayaan Waisak akan memasuki acara sambutan yang diisi oleh Kepala Biksu, Gubernur Jateng dan Menteri Agama. Disinilah terlihat kurangnya toleransi antar umat di Indonesia, para pengunjung sibuk menyoraki nama Menteri Agama dan nama Gubernur Jateng yang disebut oleh pembawa acara, padahal saat itu prosesi doa masih tetap berlangsung.

Tidak sampai disitu saja ke-chaos-an terjadi. Pada saat ritual doa telah selesai dan akan diteruskan dengan ritual para Biksu dan Bhuddis mengelilingi Candi Borobudur, banyak dari para pengunjung mencoba untuk memasuki candi untuk bisa mengikuti ritual tersebut. Pihak penyelenggara sampai kewalahan untuk memperingati pengujung untuk tidak memasuki Candi.

Yang terakhir adalah ketika pihak penyelenggara menginformasikan bila acara pelepasan lampion dibatalkan karena hujan. Sorak sorai kekecewaan pengunjung terdengar keras. Gw yakin para Biksu dan Bhuddis yang sedang merayakan hari besarnya tersebut sangat terganggu pada tingkah laku para pengujung tersebut.

Kita sebagai orang Indonesia yang sudah dari kecil belajar PMP, PPKN atau apalah nama pelajaran itu harusnya bisa lebih menghormati agama orang lain, baik dalam keseharian atau saat ritual keagamaan. Gw membayangkan sebagai muslim, bila ketika gw merayakan Idul Fitri dan banyak orang dari kepercayaan lain ikut menonton dan berbuat seperti saat Waisak kemarin, gw pasti akan tersinggung dan marah.

Tetapi semua yang terjadi di Waisak Borobudur 2013 hanya bisa jadi pelajaran bagi kita semua agar bisa lebih saling menghormati antar umat beragama, dan gw berharap Waisak Borobudur ditahun-tahun berikutnya dapat diselenggarakan lebih baik, meskipun harus menutup kembali perayaan tersebut dari umum.

Leave a comment

Filed under Opini, Traveling

[Makassar] Great Expectation

Mahasiswa Kembali Bentrok dengan Aparat di Makassar -REPUBLIKA.CO.ID Selasa, 27 Maret 2012

Rusuh Demo Mahasiswa Tersebar di Makassar -KOMPAS.com Selasa, 27 Maret 2012

Inilah kota Makassar yang gw kenal, kota yang rusuh dan anarkis. gw yakin banyak orang yang punya pikiran sama kayak gw.

Tapi semua anggapan negatif itu berubah 180o, setelah  diawal tahun ini karena doktrin salah satu temen yang bernama Traveling Cihuy, gw jadi berkesempatan untuk berlibur kesana. Awalnya sih gw aneh sama temen gw ini, kenapa ngajak liburan kok bukan ke kota yang udah terkenal akan wisatanya kayak Bali, Jogja, atau Lombok. Tapi yaudah lah daripada ga liburan mending gw ngikut aja.

Oke, sekarang dengan keyakinan penuh gw bisa menyatakan orang Makassar memang keras, itu bisa diliat dari cara bicara atau logat mereka dan cepatnya pengendara disana naik darah (dilihat dari seringnya klakson dan terkadang ditambah teriakan).

Tapi (dengan huruf tebal biar lebih tegas) cuma itu hal negatif yang gw lihat, sisanya makassar merupakan kota yang positif dan menyenangkan. Kenapa gw bisa bilang kayak gitu?

 Oke gw jabarin satu persatu alasan gw :

1. Pertama kali nginjak tanah sulawesi selatan pastinya nginjak bandara sultan hasanudin. Dan menurut gw ini bandara terbaik di Indonesia dari segi design. Design modern yang belom dipunyai bandara laen tak terkecuali Soekarno-Hatta.

2. Selama gw berlibur disana angkutan umum utama yang gw pake adalah taksi. Taksi disini tidak mengenal namanya nembak harga, ini yang gw susah dapetin di kota-kota yang pernah gw jejaki sebelumnya (kecuali Jakarta).

3. Beberapa tempat wisata tidak mematok harga masuk, kita cuma butuh mengisi buku tamu dan bayar seiklasnya. Dan tidak ada pedagang-pedagang asongan yang ganggu dan merusak kenyamanan .

4. Bagi pencinta masakan daging (non sayur). Kota Makassar harus lo datengin. masakan khasnya luar biasa enak-enak. Tapi hati-hati karena jarangnya masakan sayur, asam urat dan kolesterol bisa naek hanya dalam beberapa hari anda berada di kota ini (ini sudah dibuktikan oleh gw dan temen gw)

5. Orang-orang sini enak diajak ngobrol (terutama supir taksi) dan ramah. Satu yang pasti orang sini memiliki culture nongkrong yang luar biasa.

6. Kotanya sangat-sangat berkembang. Tetep sih menurut gw kota Jakarta masih no 1 dan Surabaya no 2. Karena gw belom pernah ke medan, jadi kalo menurut gw makassar bisa dibilang no. 3. Mall nya oke-oke, tempat makan lengkap, toko-toko branded pun lengkap. Menurut host perjalanan gw, orang sini ga mau dibilang orang kampung, mereka mau dibilang orang kota/orang metropolitan. Oke saya setuju dengan anda orang-orang makassar

7. Karena kota pesisir, banyak pantai atau pulau-pulau oke yang bisa dicoba untuk pecinta wisata pantai.

8. Yang terakhir dan paling penting bagi pelancong pria adalah cewek-cewek Makassar itu manis-manis, mungkin karena bentuk tulang mukanya yang bagus yang menuat mereka enak dipandang. :p

Damn, apa lagi coba yang kurang dari kota ini.

Untuk demo rusuh, kebetulan banget pas gw kesana Indonesia lagi heboh akan rencana pemerintah menaikan harga BBM dan demo memang terjadi disana, dan memang sangat rusuh sampe-sampe truk Coca Cola juga ga lupa ikut dibajak isinya sama pendemo (kehausan Daeng ?? :D) tapi semua itu dipinggiran kota kok, jadi pusat kota Makassar sama sekali ga terasa akibatnya. Dan pendemo disana ga ganggu warga, mereka rusuh sendiri atau ngerusuhin polisi.

Seperti judul postingan ini, yang juga merupakan tagline resmi pariwisata kota Makassar, kota ini memang memberikan Great Expectation bagi para pelancong yang datang.

Leave a comment

Filed under Opini, Traveling, Wara-Wiri

Hari Raya, Jumat, 6 april 2012

Jumat, 6 April 2012 kemaren adalah hari libur untuk menyambut hari raya paskah. Sebenernya sih ini hal yang biasa aja , tiap tahun juga dirayain.

Tapi di hari jumat tersebut secara kebetulan gw lewat Jalan Katedral, jalan yang misahin Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. hari itu  di Gereja Katedral ga kalah ramainya karena sedang diadakan ibadah menyambut Paskah dan di Masjid Istiqlal orang-orang muslim melakukan ibadah Sholat Jumat yang  juga merupakan hari raya mingguan bagi umat Muslim. parkir istiqlal yang luas itupun juga dipakai orang-orang yang mau beribadah di geraja Katedral.Ga ada tuh gw liat(walau cuma sepintas) penolakan dari umat muslim di Istiqlal.

Disitu gw bisa bilang kalo orang indonesia itu sangat-sangat toleran. men, hal yang kayak gini yang harusnya sering diberitain sama media di Indonesia, bukan berita-berita tentang konflik SARA mulu yang ditonjolin di sana

mungkin bener kurang toleransi antar umat masih ada di beberapa daerah yang sori kalo gw bisa bilang taraf hidup dan latar pendidikannya kurang. Mungkin di kota-kota besar kayak Jakarta yang memang penduduknya sudah plural dalam arti orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia numplek semua disini, karena ke-plural-an nya itulah kenapa rata-rata orang kota besar lebih bisa toleran.

tapi gw yakin sih, misal berita-berita tentang kerukunan beragama bisa lebih banyak porsinya dibanding berita sebaliknya, mindset orang-orang bisa terbentuk untuk menghormati sesama. dan gw sanagat optimis ada saatnya dimana Indonesia bisa kayak gitu suatu hari nanti.

JAYA INDONESIA..

Leave a comment

Filed under Opini

Ketika Tuhan Menciptakan Indonesia

dikutip dari postingan surjadi05 di forum KG

Suatu hari Tuhan tersenyum puas melihat sebuah planet yang baru saja diciptakan- Nya. Malaikat pun bertanya, “Apa yang baru saja Engkau ciptakan, Tuhan?” “Lihatlah, Aku baru saja menciptakan sebuah planet biru yang bernama Bumi,” kata Tuhan sambil menambahkan beberapa awan di atas daerah hutan hujan Amazon. Tuhan melanjutkan, “Ini akan menjadi planet yang luar biasa dari yang pernah Aku ciptakan. Di planet baru ini, segalanya akan terjadi secara seimbang”.

Lalu Tuhan menjelaskan kepada malaikat tentang Benua Eropa. Di Eropa sebelah utara, Tuhan menciptakan tanah yang penuh peluang dan menyenangkan seperti Inggris, Skotlandia dan Perancis. Tetapi di daerah itu, Tuhan juga menciptakan hawa dingin yang menusuk tulang.

Di Eropa bagian selatan, Tuhan menciptakan masyarakat yang agak miskin, seperti Spanyol dan Portugal, tetapi banyak sinar matahari dan hangat serta pemandangan eksotis di Selat Gibraltar.

Lalu malaikat menunjuk sebuah kepulauan sambil berseru, “Lalu daerah apakah itu Tuhan?” “O, itu,” kata Tuhan, “itu Indonesia. Negara yang sangat kaya dan sangat cantik di planet bumi. Ada jutaan flora dan fauna yang telah Aku ciptakan di sana. Ada jutaan ikan segar di laut yang siap panen. Banyak sinar matahari dan hujan. Penduduknya Ku ciptakan ramah tamah,suka menolong dan berkebudayaan yang beraneka warna. Mereka pekerja keras, siap hidup sederhana dan bersahaja serta mencintai seni.”

Dengan terheran-heran, malaikat pun protes, “Lho, katanya tadi setiap negara akan diciptakan dengan keseimbangan. Kok Indonesia baik-baik semua. Lalu dimana letak keseimbangannya? “Tuhan pun menjawab, “Wait, until you see the idiots I put in the government.” (tunggu sampai Saya menaruh ‘idiot2’ di pemerintahannya)

3 Comments

Filed under Opini

Fanatik Buta

harusnya tulisan ini dibuat sebelum pemilu kemaren. di tulisan sini gw mau bercerita tentang salah satu jenis orang yang ikut memilih wakilnya saat pemilu. jenis ini gw sebut dengan “fanatik buta”. gw juga bingung kalo suruh mendefinisikan dengan jelas. jadi gw bikin contoh cerita mengenai orang seperti ini yang memang gw temui dalam kehidupan nyata.

jenis pertama. memilih karena ikut-ikutan dan ga mengecek lebih dalam mengenai partai tersebut.

sebulan sebelum hari pemilu…

gw (g) : oiy ..pemilu besok nyolok ga lo??
temen gw (tg) : nyolok lah..lo nyolok??
g : iya ah..sekalian pulang..
tg: ooh..
g : milih siapa lo??
tg : gw milih partai X. lo milih apa??
g : gw partai Y. kenapa lo milih itu, kan partai X itu cuma satu golongan doang, kan org indonesia beragam??
tg : soalnya kakak gw anggota partai itu.
g : ooh..(lalu diteruskan dg obrolan sehari yang ga penting..)
2 minggu sebelum pemilu
g : oiy..gimana udah dapet caleg yang mau contreng ga??
tg : hah??
g : caleg nya lo milh siapa??
tg : emang lo tau milih siapa??
g : tau dong..gw udah cek-cek di google caleg-caleg nya, gw udah nentuin bakal milih siapa.
tg : oohh..gw mah percaya sama caleg-caleg partai X pasti bersih-bersih, kan landasan partai nya aja udah islam.
g : ohh..

jenis yang kedua adalah orang-orang yang memilih partai  karena dilandaskan pemimpinnya mempunyai history keturunan yang hebat. disini gw bukan sentimen sama partai-partai seperti itu. tapi gw cuma kurang setuju sama orang-orang yang memilih atas dasar alasan tersebut, bukan memilih karena melihat dari visi-misi partai nya apakah sejalan dengan mereka atau tidak.

itulah dua jenis orang yang memiliki pandangan fanatik yang buta,, mungkin masih banyak contoh-contoh lain tentang orang fanatik buta seperti diatas, tapi 2 jenis diatas lah yang gw temui ,,

mungkin kejadian seperti ini disebabkan karena bangsa kita sedang belajar bagaimana cara berdemokrasi yang baik.

dan mudah-mudahan pemikiran dan sikap bangsa indonesia bisa semakin berkembang, sehingga dapat membuat demokrasi di indonesia semakin baik.

3 Comments

Filed under Opini

Islam, Kristen, Yahudi, dan Sebuah Sudut Pandang…PART III(end)…

Dalam pemahaman ketuhanan, ketiga agama ini (Islam, Yahudi, dan Kristen) memang memiliki paham monotheism atau bertuhan satu, tidak terkecuali agama Kristen, walaupun mereka menganut doktrin Holy Trinity tapi sebenar mereka tetap menyembah satu Allah.

Dan ketiga agama ini juga, mengajarkan pedoman yang sama pada umat-nya, yaitu mengenai baik dan buruk, malaikat-setan, surga-neraka.

Dalam hal sejarah ketiga agama ini (Islam, Yahudi, dan Kristen), nabi-nabi yang merak yakini pun sama.

Bagi umat Yahudi, Abraham atau Nabi Ibrahim adalah bapak dari kaum mereka, yang didarah keturunannya diwariskan melalui Nabi Ishak atau Isaac. Sedangkan bagi umat Islam Abraham atau Nabi Ibrahim adalah salah satu nabi mereka, dan merupakan leluhur bangsa Arab yang diwariskan melalui Nabi Ismail.

Berikut adalah daftar nama nabi & rasul dalam Islam/Kristiani/Yahudi: Nabi Adam as / Adam
Nabi Idris as / Enoch
Nabi Nuh as / Noah
Nabi Huud as / Eber
Nabi Shaleh as / Shelah
Nabi Ibrahim as / Abraham
Nabi Ismail as / Ishmael
Nabi Luth as / Lot
Nabi Ishaq as / Isaac
Nabi Ya’qub as / jacob
Nabi Yusuf as / Joseph
Nabi Syu’aib as / Jethro
Nabi Ayyub as / Job
Nabi Dzulkifli as / Ezekiel
Nabi Musa as / Moses
Nabi Harun as / Aaron
Nabi Daud as / David
Nabi Sulaiman as / Solomon
Nabi Ilyas as / Elijah
Nabi Ilyasa as / Elisha
Nabi Yunus as / Jonah
Nabi Zakaria as / Zechariah
Nabi Yahya as / John
Nabi Isa as / Jesus
Nabi Muhammad S.A.W

Bila kita rujuk lagi dalam rangkaian daftar para nabi diatas, kita bisa melihat bahwa perbedaan ketiga agama ini (Islam, Yahudi, dan Kristen) adalah di nabi mana yang mereka yakini dan mereka ikuti ajarannya.

Di dalam Yahudi, nabi yang mereka ikuti ajaran nya adalah nabi Musa, dengan Torah atau Taurat sebagai kitab suci mereka.

Di dalam Kristen, mereka menganggap Jesus atau Nabi Isa adalah penjelmaan Allah yang turun ke Bumi, yang menyempurnakan ajaran-ajaran nabi sebelumnya.

Sedangkan di dalam Islam, mereka mengikuti ajaran nabi Muhammad S.A.W yang juga dipercaya umatnya bahwa ajarannya adalah penyempurna dari ajaran-ajaran sebelumnya.

Dalam hal kitab suci. Torah atau Taurat sebagai kitab umat Yahudi merupakan kitab perjanjian lama bagi umat Kristen, dan Injil adalah kitab perjanjian baru nya. Sedangkan di dalam Islam, diyakini Al-quran adalah kitab penyempurnaan dari kitab-kitab tersebut.

Jadi, dari tulisan yang saya posting dapat ditarik sebuah kesimpulan,
“Apa yang sebenarnya kita (Islam, Kristen, dan Yahudi) ributkan??
Dari sejarah yang ada, bukankah kita merupakan sebuah ajaran yang satu yaitu menyembah Allah, hanya sudut pandang darimanakah kita meyakini dan ikuti ajaran tersebut..”

17 Comments

Filed under Opini

Islam, Kristen, Yahudi, dan Sebuah Sudut Pandang…PART II…

3 agama besar ini(Islam, Kristen, dan Yahudi) termasuk dalam agama Abrahamik atau agama Samawi.

Abraham atau Ibrahim(dalam Islam), merupakan salah satu dari rangkaian nabi-nabi yang ada di dalam 3 agama tersebut.

Abrahamic religions are monotheistic faiths that recognize a spiritual tradition identified with Abraham.[1][2][3] The term is mostly used to refer collectively to Judaism, Christianity and Islam. There are other religions included in the term, such as the Samaritans, the Druze, the Mandaeans, the Rastafarians, and the Bahá’í.[4] Abrahamic religions account for more than half of the world’s total population. Today, there are around 3.8 billion followers of various Abrahamic religions.[5]
The major non-Abrahamic world religions are grouped as “Eastern religions”, encompassing the “Dharmic” religions of India and the “Taoic” East Asian religions. Use of the term “Abrahamic” is far from universal and has been found to be problematic for many reasons.

Dikutip dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Abrahamic_religions

Namun demikian, banyak dari para pemeluk agama ini yang menolak pengelompokan agama atau kepercayaan mereka seperti ini dengan alasan bahwa agama mereka pada intinya dan dasarnya mengandung gagasan-gagasan yang berbeda atau bahkan berlawanan dengan gagasan-gagasan agama yang lainnya mengenai Abraham dan Tuhan atau Allah.

Seperti yang telah saya kata kan sebelum nya bahwa ketiga agama ini memiliki banyak kesamaan atau kemiripan, entah itu dalam sejarah, nabi-nabi, ataupun ajaran-ajarannya.

A number of commonalities between Judaism, Christianity, and Islam exist:
* Monotheism. All three religions claim to be monotheistic, although Jews and Muslims sometimes argue that the doctrine of the Holy Trinity (adopted by the majority of Christians) constitutes polytheism, see also Shituf and Shirk.
* A prophetic tradition. All three religions recognize figures called “prophets,” though their lists differ, as do their interpretations of the prophetic role.
* Semitic origins. Judaism and Jewish Christianity originate in the Jewish populations, while Islam originated among Arabs respectively.
* An ethical orientation. All three religions speak of a choice between good and evil, which is associated with obedience or disobedience to a single God and to Divine Law.
* A linear concept of history, sometimes coined as eschatology, beginning with the creation and the concept that God works through history and ending with a Resurrection of the dead and final judgment.
* Association with the desert, which some commentators believe has imbued these religions with a particular ethos.

Dikutip dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Abrahamic_religions

Leave a comment

Filed under Opini